Label: ,

Lip-Sync Syndrome

Sebenernya uda lamaaa banget ak kesel gara-gara hal satu ini: Lip-Sync. Lip-Sync or Lip-Synch (short for lip synchronization) is a technical term for matching lip movements with voice [sumber: Wikipedia]. Intinya, pura-pura nyanyi atau ngikutin lagu tanpa bersuara.

Okai...Dimulai dari beberapa penyanyi yang suaranya terdengar sangat bagus di hasil rekaman mereka. Akan tetapi, saat live, ketahuanlah kalau mereka gak nyanyi beneran alias lip-sync. Entah kenapa; mungkin saat itu kondisi tubuh mereka lagi gak fit, lagunya pake koreo/tarian yang njelimet, atau mungkin lagi gak siap ya kita juga gak ngerti.

Kalo dipandang dari segi entertain ajah siy mungkin masi bisa ditoleransi oleh kacamata ke-awam-an masyarakat pada umumnya...Soal gaya-gayaan di atas panggung jadi lebi safe mungkin, gak perlu cape-cape mikir dua: produksi suara dan gaya. Di sini diutamain pertunjukkan action-nya daripada performa suara. Mata lebi bermaen daripada telinga.

Akan tetapi, kalo diliat dari segi profesionalitas dan kreatifitas, atau bahkan performance, sama ajah dengan menipu. Well, sebenernya bisa ketahuan dengan mudah kok! Cermati ajah, suara si artis/band sama dengan lagu asli yang uda diperdengarkan berkali-kali. Sound-nya juga kedengeran rekaman banget kok. Atau, kadang-kadang kelihatan bibirnya gak pas sama tape yang disetel. Boring banget, lah...Bayangpun, gak ada ekspresi baru. Gak ada aransemen baru!

Jadi, what do we expect from the live show? Apakah hanya stage act? Atau, keutuhan penampilan dan suara?

Sebelum melantur lebi jauh, ak mau share sedikit. Realitanya, kita punya dua jenis penyanyi; yaitu vocalist & singer. Vocalist kalo kudefinisikan sendiri tu, mereka yang punya skill tinggi dalam bernyanyi, sebagai contoh; Mariah Carey, Celine Dion, Whitney Houston, Christina Aguilera, dkk. Pada umumnya, mereka tidak menulis lagu sendiri (composing), atau dengan kata laen, mereka tidak butuh kemampuan/keahlian lebih selaen teknik bernyanyi yang tinggi.

Nah, satunya lagi, singer. Singer di sini, tentu juga bernyanyi, tapi mereka gak punya teknik yang tinggi. Cuman mereka bisa mencipta lagu atau memainkan alat musik. Sebagai contoh, Avril Lavigne. She's made a lot of great songs, tapi maaf, saat live sering banget out of tune.

Sebenernya, kekacauan para singer tersebut bisa ditoleransi karena kemampuan lebih mereka. Contoh laennya, Kanye West. OMG, he's damn cool! Tapi, dia sering banget lip-sync. Bahkan pernah masuk ke dalam sebuah artikel yang mengatakan kalo dia gak bisa nyanyi sama skali. Yet SOME people who know about it still love watching his performances. They do know, Kanye gak bisa nyanyi, tapi mereka cinta lagu-lagu yang dia buat. And he's an awesome rapper!

Well, the other one is Alicia Keys. But she's totally different. Dia bisa bernyanyi dengan baik (recording maupun live, bahkan saat live lebi keren lagi), lagu-lagunya juga fantastis, dan pianonya luar biasa! Sebenernya, dia mungkin termasuk kategori singer, karena tekniknya tidak setinggi para vocalist di atas, tapi, she's a special woman. A superwoman! Jarang banget yang bisa seperti dia...

Yah, paling tidak, pertunjukkan lip-sync itu menurut sy sangat kurang berbobot. Pasalnya, kualitas artis/band yang sebenernya hanya bisa diketahui lewat live performance mereka. Jadi bener-bener raw, bener-bener mentah! Saat live, terkadang para artis punya kesempatan khusus untuk berkomunikasi dengan penonton lewat ornamen-ornamen baru di aransemen mereka, yang bener-bener beda dari aransemen aslinya. Dan itulah yang secara pribadi sy slalu nantikan, hehe...Kadang malah ada yang berpendapat, hasil mixing di recording menghancurkan keaslian dan gereget effect dari lagu yang dinyanyikan. Salah satu contohnya, Clay Aiken. Performa suaranya saat live jauh lebi bagus daripada kasetnya! Nah. Smoga banyak seniman yang sadar untuk membangun dan meningkatkan raw performance mereka...

9 komentar:

kisetsuluvshyde mengatakan...

*thumbs up*

Wuih kereen... ehehe..

Emang aq juga paling sebel banget kalo ngeliat ada artis yg lip-sync. Well... mungkin kalo artisnya kayak Agnes Monica gitu sih gapapa... emang dia kan geraknya luar biasa, daripada gak keluar suaranya.

Tapii... aku pernah ngeliat ada BAND yang lip-sync!! OMG! Band! Ampuuun... plis deh yaaa... buat sebuah band, live performance itu bisa dibilang nyawa. Ngapain juga ngeband, kalo nyanyi live aja ga bisa...?

Yang paling jayus, aku pernah liat BCL lip-sync. Padahal awalnya dia nyanyi uda bagus banget, kirain nyanyi beneran. Eh ternyata, pas mike nya dia turunin, tau2 ada yg nyanyi 'Haaa haa haa...' gitu sendiri. Lhah?! Suara darimana tuh? Padahal ga ada backing singer. Wkwk, ketauan deh bo'ongnya XD XD

Sabina Thipani mengatakan...

Stuju skali Mil..
Aku prihatin sama performance arteis Indonesia. Acara2 TV nya kok ya malah menunjang lip-sync. Seolah2 itu lumrah dan kita2 gak tahu kalo mereka cuma gerakin bibir doang. Kita kan tidak bodoh.

Buat seniman mestinya itu adalah aib dan hal terakhir yang menjadi pilihan. Kalau batuk ato serak pun lebih baik tak usah nyanyi dari pada lip-sync.

Performance itu nyawa nya musisi menurutku, kalo performance sudah dipalsukan, maka hanya boneka sajalah yang dipertontonkan di atas panggung.

Ayolah, pemusik Indonesia, jangan membodohi dan dibodohi kapitalis dan bisnis. Musik itu bukan bisnis. Musik itu seni, musik itu kreatif, musik itu jiwa.

Berlombalah untuk malu lip-sync.


Bener, Mil, walo aku suka Avril, kuakui live nya dia gak ampuh. Hehe. Vocalist paramore malah lebih ampuh live nya, aksi dan suara nya pol2an. Pernah liat livenya Paramore?

Kalo vokalis band kan tetep di sebut vokalis tuh Mil, padahal mereka juga punya skill main musik, pinter bikin lagu, dan kebanyakan skill nyanyi nya gak sebagus "vokalis" yang di blog kamu kayak Celine Dion dkk. Itu disebut apa dunk??

Unknown mengatakan...

@ ninchan :
hhe..yep, kl kuperhatiin siy, agnes kl lip-sync emg cuman pas koreony susah2. emg butuh stamina yg kuat yah, apalagi kl dy konser gtu, lguny kn banyak bgd yg jingkrak2an. hho..
nah, tp bedany sm artis2 luar sana (sbg contoh: christina aguilera), dy wktu konser tunggal album "genie in the bottle" kn bnyk tari2anny tuh. buset, dy gag lip-sync satu lagu pun loh! ckckck..
kl soal BCL, emg kyny dy sering lip-sync. tp kdg2 suara backing vocal gag dihapus loh. contohny: dewiQ & ipang, atw mulan jameela. jd pas bagian mereka (suara utama) tu bnr2 asli en gag lip-sync, tp pas ad bagian yg isi2an suara (backing vocal) atw mgkn suara2 elektronik gtu, ttp pke setelan tape hho..
sip, nin! mari qt mnjunjung tinggi live performance yg murni! owyeeehh!

@ fafa :
stuju fa! sebaekny qt gag melegalkan lip-sync dgn alasan bisnis semata. musik itu kreatifitas! musik itu seni! seharusny para artis/band malu dgn hal ini..
kl paramore, ak lom prnh liat live performance mereka siy. wah, kl bnr gtu, ak jd pgn ntn! hhe..
kl ttg vokalis band, mmg di indonesia mrka dsebut vokalis. tp, definisi vocalist yg kutulis di blog ini, definisi yg org2 luar sana pake scr umum. jd, pemahaman vocalist di sana dan di sini beda, fa..mgkn kl vokalis band, ttp qt liat sbg satu kesatuan band itu sndr, scr utuh. sbg vokalis, ttp yg dliat adl bandny, bgtu..
kcuali kl si vokalis band itu kluar dr band tsb dan brkarir sndiri, mgkn dgn kualitas yg ia miliki, mnrtku siy dy masuk kategori singer..
yep! qt jgn mw dbodohi oleh para musisi ituh. mari dgn jiwa yg brkobar qt bangun semangat orisinalitas dan kreatifitas! (X

latebraking mengatakan...

haghaghag... iya tuh kanye west, kapan aq baca artikelnya di yahoo..
soalnya dia memang dasarnya composer bukan penyanyi yak...

tp sekarang gm lagi ya, aku kok ngliatnya industri musik kadang ga peduli kualitas suara dan bermusiknya tapilebih ke komersialitasnya.. bisa dilihat dgn munculnya penyanyi2 asal tampang, yang awalnya udah terkenal trus
menggunakan ketenaran mereka untuk mnjadi penyanyi. Haghaghag. Klo kaya mereka kemungkinan besar lip sync lah ya...
tp mau gimana lagi, masyakarat banyak juga yg ngga peduli mau lipsyunc apa enggak, yang penting penyanyinya cantik atau cakep.. lolololol...

memang menyebalkan sih, tp penyanyi kaya gitu kan biasanya ngga akan tahan lama... Udah ada seleksi alam sendiri lah..

btw,archie ngga lip sync kann.. kyahahaahahaha (virus archienya kambuh nih)

Anonim mengatakan...

Kanye West doesn't make music, he makes art. ART !!!

Kanye is G.O.D

hahahaha

Lady Gaga deh, bagus live nya. bgt malah

Anonim mengatakan...

quote "btw,archie ngga lip sync kann.. kyahahaahahaha (virus archienya kambuh nih)"

archie is old news people won't even remember (or care) who he is in a year. lol. oponeh american idol season anyar lg wae premiere hari ini

komersialitas = realita

Chris Martin jg lucu tu nek live

latebraking mengatakan...

archie is old news people won't even remember (or care) who he is in a year. lol. oponeh american idol season anyar lg wae premiere hari ini >> dy masih di tangga billboard tauk.. >.<

menurutku chris martin g termasuk aneh ah.. banyak yg jauh lbih aneh dr itu...

Unknown mengatakan...

@ monk :
hhe, yep ak stuju! pasti para penyanyi sejenis itu gag bakal brtahan lama. hho..

@ ian :
ohh, lady gaga & chris martin yah?
ak lom liat live-ny mrka siy.
yep kpn2 gw cek dah. hhe.

Unknown mengatakan...

waw..
debat kalian ttg archie lucu skali. hhi..